Joe Biden Absen Dinner KTT G20, Pastikan Bukan COVID-19

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tidak menghadiri welcoming dinner atau jamuan makan malam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20. Acara tersebut di gelar di Lotus Pond, Garuda Wisnu Kencana atau GWK Bali. ketidakhadiran Bidan tersebut di pastikan bukan karena terpapar virus Corona atau Covid – 19.

“Itu bukan COVID.” Kata seorang pejabat menjelaskan, Selasa 15 November 2022. Biden melewatkan makan malam bersama dengan para pimpinan negara G20 itu karena harus mengurus beberapa hal lain. di ketahui, Biden di tes pada selasa pagi setelah kontak dengan Perdana Menteri (PM) Kamboja yang positif Covid. Hasil tes menunjukkan kalau Biden negatif Covid.

“Dia baru saja menghabiskan satu hari penuh dalam rapat dan perlu menghadiri beberapa hal malam ini (tidak ada yang mendesak!).” Ucap pejabat itu.

Biden juga di sebut telah berbicara kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ia menyampaikan penyesalannya karena tak hadir makan malam tersebut.

 

Joe Biden Absen Dinner KTT G20

Untuk di ketahui, acara jamuan makan malam KTT G20 Bali tak di hadiri oleh Presiden AS Joe Biden. “Tidak hadir.” Kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong, saat dimintai konfirmasi, Selasa 15 November.

Sebelumnya, para pemimpin negara dan lembaga dunia satu per satu hadir di lokasi. Di sana, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut kedatangan mereka dengan mengenakan baju adat Bali.

Sementara itu, para tamu yang hadir terlihat menggunakan baju batik. Perdana Menteri atau PM Kanada Justin Trudeau misalnya. Ia terlihat menggunakan baju batik berwarna fuschia. Selain itu, ada juga Presiden China XI Jinping, yang memakai baju batik berwarna biru.

Kemudian PM Inggris Rishi Sunak dan PM India Naendra Modi yang memakai baju batik berwarna merah dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengenakan batik berwarna biru.

Pada acara malam ini, sejumlah tokoh Indonesia juga hadir. Mereka yang hadir di antaranya Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kemudian ada juga Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK).

Hadir juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Ketua DPR RI Puan Maharani, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

 

Tentang Penulis

rodjetton